Cara Cepat Dapatkan Layanan Poliklinik Di RSCM

Buat Anda yang sering berobat ke poliklinik di rumah sakit, misalnya di RSCM, apalagi menggunakan BPJS, Anda tentu tahu bahwa Anda harus bersabar melewati proses pendaftaran dan antrian meskipun sudah mendaftar online di situs RSCM. Masalahnya bagaimana jika Anda atau pasien yang Anda antarkan tidak bisa menanti lama antrian poliklinik? Artikel ini akan membahas sedikit pengalaman dari seringnya berobat di RSCM sepanjang tahun 2021 hingga sempat menemukan cara mendapatkan layanan lebih cepat di poliklinik RSCM.

Cara dapatkan layalan poli lebih cepat di RSCM
Mendapatkan layanan poli RSCM lebih cepat

Jika saat berada di RSCM dan tengah mengurus proses pendaftaran di poliklinik lalu Anda atau pasien atau lansia yang hendak berobat sudah dalam keadaan pusing, atau tiba-tiba sakitnya bertambah parah dan mengalami lemas atau sesak, Anda bisa segera menghubungi petugas percepatan. 

Biasanya mereka petugas berseragam khusus atau memakai seragam warna khusus yang membawa semacam Hp atau tablet yang mondar-mandir memantau para pasien di lobi bagian pendaftaran. Pada saat tidak sedang berkeliling memantau pasien, petugas percepatan akan berada di dekat petugas informasi di bagian lobi RSCM. Mereka akan membantu mempercepat proses pendaftaran dan antrian, sehingga bisa lebih cepat ditangani di poliklinik. 

Umumnya mereka akan mendatangi pasien yang dalam pengamatan mereka butuh segera ditangani dan mengarahkan proses tercepat selanjutnya. Jika Anda tak tahu yang mana petugasnya, Anda bisa tanyakan ke satpam atau ke loket informasi mengenai petugas percepatan tersebut. Beritahu pula kondisi Anda atau pasien yang memburuk hingga butuh segera dibantu dalam proses antrian.

Petugas percepatan juga biasanya akan memeriksa lebih dahulu kondisi pasien, misalnya tensi atau suhu tubuh pasien. Setelah itu mereka bisa membantu proses pendaftaran melalui gawai yang mereka bawa.

Jika Anda atau pasien yang hendak berobat sudah masuk kategori lansia atau sudah berusia diatas 60 tahun, biasanya di RSCM ada loket khusus tempat mendaftar poliklinik. Loket khusus untuk lansia dan pasien kursi roda atau pasien ibu dan anak tersebut letaknya berbeda dengan loket-loket BPJS lainnya. Jika baru pertama kali datang ke RSCM, Anda bisa tanyakan pada satpam dimana letak loket tersebut. 

Pasien lansia juga disarankan berobat ke poliklinik khusus lansia yakni poli Geriatri dimana poli tersebut memiliki beberapa jenis dokter spesialis sehingga pasien lansia tidak perlu berpindah-pindah antar poli yang di RSCM bisa berjauhan atau beda lantai bahkan beda gedung. Dalam poli Geriatri RSCM jika pasien butuh ditangani lebih dari 1 dokter, pasien lansia cukup berpindah ruangan saja di dalam satu poli. Para perawat dan dokter di poli geriatri umumnya sangat memahami pasien lansia hingga cara berkomunikasipun disesuaikan, misalnya lebih sabar dan ramah.

Lansia atau pasien kursi roda yang butuh pelayanan lebih cepat juga bisa diakomodasi di bagian laboratorium di RSCM. Jika antrian terlalu panjang sementara pasien puasa, sebaiknya mencari dan menanyakan pada petugas yang memantau di sekitar mesin print nomor antrian. Jelaskan kondisi pasien pada petugas. Jika pasien lansia atau menggunakan kursi roda atau jam puasa sudah hampir lewat 12-14 jam, kemungkinan akan dibantu agar saat pengambilan darah dipercepat.

Demikianlah sedikit tips agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih cepat di poliklinik RSCM. Intinya harus rajin bertanya pada petugas agar bisa mendapatkan bantuan segera jika diperlukan.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Dapatkan Layanan Poliklinik Di RSCM"

Jasaview.id
Jasaview.id
Jasaview.id