Cara Merawat Tas Ransel Anda: Nasihat dari yang Pro


Ransel adalah perlengkapan yang sangat penting. Apakah Anda seorang pendaki gunung, anak sekolah, atau hanya seseorang yang membutuhkan tas yang dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, memiliki tas ransel yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan sehari-hari Anda. 

Tetapi jika Anda ingin tas ransel Anda tahan terhadap kerasnya penggunaan sehari-hari-apakah itu buku-buku yang berat, pendakian yang panjang dan berbahaya atau membawa terlalu banyak belanjaan-Anda harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar. Berikut ini beberapa tips dari yang ahli tentang cara menjaga ransel Anda agar tetap terlihat dan berfungsi dengan baik. 

Kiat merawat ransel agar tetap awet tahan lama
Cara merawat ransel agar awet



Membersihkan Ransel Anda 
Ini mungkin terlihat seperti hal yang sepele, tetapi membersihkan ransel Anda adalah bagian penting dalam merawatnya. Tergantung dari bahan tas Anda dan jenis kegiatan yang Anda lakukan, hal ini dapat dilakukan mulai dari menggunakan kain lembab dan sabun lembut untuk tas kulit, hingga menyemprot tas kanvas setelah pendakian yang berlumpur. 

Secara umum, Anda harus membersihkan kotoran atau debu dari bagian luar ransel Anda secara teratur. Hal ini akan membantu mencegah terbentuknya jamur atau lumut yang dapat merusak kain atau kulit dari waktu ke waktu.

Cara mencuci ransel menurut situs Decathlon
Setiap kali pulang dari perjalanan menggunakan ransel, sebaiknya:
  • Keluarkan semua isi ransel atau kosongkan ransel 
  • Buka semua resleting atau zipper dan balik tas agar bagian dalam menjadi bagian luar. Bersihkan dari debu
  • Sikat dengan sikat kering agar debu kering yang menempel hilang.
Setidaknya setahun sekali, bersihkan ransel Anda dengan mendalam.
  • Gunakan alat penyedot debu untuk membersihkan sebelum dicuci dengan air
  • Cuci menggunakan tangan dan gunakan sabun yang lembut. Agar bahanmaterial ransel tetap terjaga semua keunggulannya, terutama agar lapisan anti air pada ransel tetap aman, jangan gunakan mesin cuci, alat pengering, drycleaning, atau pemutih dan setrika pada ransel Anda.
  • Seka dengan kain atau sikat halus jika ada noda, bersihkan semua bagian yang menempel pada tubuh ketika dipakai
  • Bilas hingga bersih
  • Gantung ransel di tempat yang teduh

Tips Penyimpanan 
Saat tidak digunakan, simpan tas Anda jauh dari sinar matahari langsung dan kelembaban. Jika memungkinkan, simpanlah di tempat yang kering seperti lemari yang tidak terlalu panas atau lembab. Anda juga harus menghindari mengisinya terlalu penuh saat tidak digunakan; jika Anda melakukan ini, hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tali dan struktur tas serta memberikan tekanan ekstra pada ritsleting dan jepitan yang pada akhirnya dapat menyebabkannya rusak sebelum waktunya.  
  
Memperbaiki Kerusakan 
Tidak dapat dipungkiri bahwa tas Anda akan mengalami keausan seiring berjalannya waktu; tali dapat berjumbai, gesper dapat rusak, dan jahitannya dapat terbuka karena penggunaan yang lama. Untuk mencegah kerusakan besar (dan biaya perbaikan yang mahal), periksalah tas Anda secara teratur untuk mengetahui tanda-tanda keausan seperti benang yang longgar atau kain yang berjumbai; ini adalah perbaikan mudah yang tidak memerlukan layanan perbaikan profesional jika diketahui sejak dini. 

Jika Anda membutuhkan perbaikan diluar kemampuan anda, bawalah ke bengkel tas profesional daripada mencoba memperbaikinya sendiri; sebagian besar tas ransel berkualitas dilengkapi dengan garansi pabrik yang mencakup perbaikan, jadi pastikan Anda memeriksanya sebelum mencoba memperbaiki sendiri.  

Apa pun jenis tas ransel yang Anda miliki-apakah itu tas sekolah, tas gunung, atau bahkan hanya tas untuk sehari-hari, ada baiknya Anda mengetahui cara merawatnya dengan benar agar tas tersebut dapat bertahan berbulan-bulan atau bertahun-tahun. 

Anda bisa memastikan tas Anda tetap dalam kondisi baik dari tahun ke tahun dengan merawat tas Anda dengan benar yaitu:
  • Membersihkannya secara teratur
  • Menyimpannya jauh dari sinar matahari langsung, debu dan kelembaban
  • Memastikan tali pengikatnya tetap kencang
  • Memeriksa semua jahitan, gesper, kancing atau resleting dengan teliti sesering mungkin

Dengan memperhatikan tips ini saat menggunakan ransel gunung misalnya, Anda akan bisa menikmati setiap petualangan tanpa perlu khawatir tas tiba-tiba rusak di tengah perjalanan atau harus mengganti tas ransel yang sudah usang setiap dua tahun sekali. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Tas Ransel Anda: Nasihat dari yang Pro "

Jasaview.id
Jasaview.id
Jasaview.id